Pages

  • Home
  • SEMESTER 1
  • SEMESTER 4
  • SEMESTER 5

Michelle Janety's Online Portofolio

    • Home
    • SEMESTER 1
    • SEMESTER 4
    • SEMESTER 5

    DKV REVIEW : Elements of Advertising - Marlboro

    Kembali lagi dengan saya, untuk unggahan pada kali ini, saya akan membahas mengenai Elements of Advertising  yaitu Marlboro Red Barn 
    Image


    Products
    Marlboro Red & Marlboro 100’s

    Company Name
    Leo Burnett Worldwide

    Purpose
    Untuk membuat para perokok untuk menggunakan Marlboro sebagai rokok mereka.

    Target Audience
    Perokok dewasa

    Headline
    Come to where the flavor is. Come to Marlboro Country.

    Image
    Seorang laki-laki berpakaian cowboy yang sedang merokok dan bersandar pada sebuah dinding peternakan berdiri diatas serakan jerami dan dua bungkus rokok (Red dan 100’s)
    Copy Famous Marlboro Red! And new extra-long Marlboro 100’s- The Longhorns! Either Way, you get a lot to like.

    Slogan Come to where the flavor is. Come to Marlboro Country.

    Logo
    Image result for Marlboro logo

    PRIMARY FEATURES
    - Colors : Red Hue (Red, Dark Red), White, Yellow satu

    - Line : Garis vertikal dan horizontal pada dinding yang disandari sang pria, dan garis yang berada pada kemasan rokok

    - Space : bagian kanan atas dan kiri bawah pada iklan diberikan bagian kosong

    - Scale : visual utama (sang pria dengan pakaian cowboy ) lebih besar dibandingkan visual dari kemasan produk

    SECONDARY FEATURES
    - Balace : Asimetris 

    - Composition : Visual berada ditengah dan tulisan berada disamping visual utama disertai dengan gambar produk menggambarkan bentuk emphasis pada sang cowboy.

    - Dominance : Warna gelap lebih dominan sebagai background dan tulisan dengan style Serif

    - Contrast : Saturation menjadi background dan visual yang menggunakan Value memberikan dampak emphasis kepada yang melihat.
    - Propotion : 

    - Rhythm :  Garis vertikal dan horizontal yang berulang pada bagian latar memberikan efek pattern dan menciptakan rhythm pada background.
    Continue Reading

    Kali ini saya akan membahas bagaimana ingatan saya dapat mempengaruhi persepsi atau cara pandang saya terhadap sesuatu. Kalau menurut artikel yang saya baca dengan judul “Blurring The Boundary Between Perception and Memory” dari situs www.scientificamerican.com bahwa apa yang kita terkadang tidaknya benar atau hanya sekedar bayangan semata, namun proses kita manusia mengingat sesuatu sangat cepat, lebih cepat dari kedipan mata.

    Sekarang saya akan mebahas pengalaman saya sendiri dimana ingatan saya mempengaruhi persepsi atau cara pandang saya. Saya mempuyai persepsi atau ingatan tentang seorang publik figur Indonesia yang terkenal sebagai pembaca angka, awalnya saya melihat dia sebagai orang yang aneh dan hanya berbohong dalam acaranya serta mendengar dari omongan orang-orang yang beredar di sosial media. Tidak lama kemudian saya mulai menonton acara sang public figur tersebut, jangankan saya mengira itu berbohong namun justru saya melihat orang tersebut menjadi sosok penolong yang hebat dan mempunyai kemampuan yang menabjukkan.

    Ia memperlihatkan bakatnya untuk menolong orang walaupun terkadang sampai melukai dirinya sendiri, ia tidak menggunakan apa yang ia punya (kekuatannya) untuk menyakiti orang lain karena menurutnya semua mahluk berhak hidup berbahagia tanpa terkecuali. Setelah menonton acara tersebut, selain persepsi saya selain mengenai public figure tersebut, persepsi saya mengenai hal-hal yang berbau mistis jadi ikut berubah pula. Awalnya saya tidak percaya bahwa dizaman modern seperti sekarang masih ada orang-orang yang menggunakan hal mistis dalam melakukan sesuatu seperti melariskan dagangan, balas dendam, bahkan membuat seseorang menyukai dirinya. Saya kira itu hanyalah hal-hal yang terjadi dimasa lalu. Lalu saya juga sempat begitu takut dengan hal-hal mistis karena saat saya kecil, saya merupakan sosok anak yang peka dan dapat melihat hal-hal mistis dan mahluk-mahluknya, terutama saat saya berada dirumah, saya pernah melihat sosok yang menakutkan pada jam-jam maghrib. Mulai saat itu saya menjadi tidak suka dengan hal-hal mistis, namun setelah menonton acara tersebut, saya mengerti bahwa mereka tidak menampakkan dirinya kepada siapapun, namun anak kecil merupakan mahluk yang peka terhadap hal seperti itu karena menurut sang public figur, anak kecil masih polos dan suci, tanpa dosa. Namun karena ingatan masa kecil saya yang masih terbawa sampai sekarang, tidak jarang saya justru seram dan takut dalam mendengar cerita-cerita berbau horror sampai sebisa mungkin saya akan menghindari hal tersebut, atau mendengarnya seorang diri.

    Demikianlah bagaiman memori saya tentang seorang public figur dan hal berbau mistis mengubah persepsi saya.

    Continue Reading


    Kali ini saya akan membahas tentang pengaruh lingkungan terhadap pembelian sebuah barang yang saya punya dimana harga barang tersebut diatas dari Rp 5.000.000,00.

    Barang diatas harga Rp 5.000.000 yang saya punya salah satunya adalah laptop dengan merk HP dan versi Pavilion 14 Notebook PC yang dibeli pada tahun 2016 dengan harga Rp 10.000.000,00. Kala saat itu saya membeli laptop karena tuntutan sebagai siswa sekolah menengah keatas yang dimana meggunakan proses belajar-mengajar kurikulum campuran 2006&2013. Pada kurikulum tersebut siswa diharuskan untuk melakukan banyak presentasi tentang mata pelajaran yang ada. Saya yang masih duduk dibangku kelas 11 waktu itu belum mempunyai laptop, dan kala itu saya harus mengerjakan tugas kelompok yang tentunya perihal presentasi didepan kelas. Jadilah (orang tua) saya membeli(kan) saya laptop HP Pavilion 14 Notebook PC tersebut yang masih saya gunakan. Kala itu saya belum mengerti tentang laptop dan perangkat elektronik lainnya selain ponsel genggam. Jadi, saya hanya dipilihkan yang menurut spec atau bagian internal laptop yang dibilang ‘bagus’ dan tidak lambat, terlebih kala itu saya sudah mulai menyukai atau tertarik mempelajari dan menggunakan program-program Adobe seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan Adobe After Effect. Dimana software tersebut membutuhkan bagian internal laptop yang cukup canggih untuk menahan berat aplikasinya, serta processor yang kuat agar aplikasi tidak lambat dan justru forced closed ketika digunakan.

    Selain itu saya memilih HP dikarenakan rekomendasi dan melihat laptop teman saya yang ber-merk HP juga namun berbeda tipe. Laptopnya mempunyai fitur layar sentuh sedangkan saya tidak, hal itu dikarenakan orang tua saya takut laptopnya cepat rusak karena saya bukan orang yang telaten (kala itu) dalam merawat suatu barang. Harga Rp 10.000.000,00 saat itu juga sudah termasuk mahal untuk sebuah laptop ukuran anak sekolahan, namun saya tidak menyesal memilih laptop ini karena sampai sekarang masih bertahan dan dapat digunakan dengan baik.
    Jadi faktor lingkungan yang mempengaruhi saya dalam membeli laptop ini adalah faktor kebutuhan dan faktor teman-teman dilingkungan sekolah.


    Continue Reading

    Djarum 76 merupakan sebuah merek rokok ternama di Indonesia diproduksi oleh PT Djarum. Dinamai Djarum 76 karena merek rokok ini diperkenalkan pada tahun 1976. Produk ini dijual dalam kemasan yang direnggangkan, dua rokok lebar, dan sepuluh rokok panjang. Sementara, batang rokoknya sendiri digulung dengan kertas berwarna putih.

    Djarum 76 ini mempunyai ikon khusus pada iklannya, yaitu 'Om Jin' dengan tagline "YANG PENTING HEPI" yang tidak bisa dilepaskan pada setiap iklannya, dan hanya Djarum 76 yang bisa menggunakan ikon itu dan terkenal akan ikon itu. Harga dari rokok Djarum 76 ini kisaran Rp 13.500. Dengan harga yang segitu menurut saya Djarum 76 mempunyai pasar dikalangan menengah kebawah.

    Iklan om jin ini juga menjadi sangat iconic karena cerita yang beragam namun termasuk dalam cerita keseharian kita. Misalnya, iklan yang mengisahkan tentang "Caleg Cerdas" dimasa-masa Indonesia yang gencar akan pemilu yang akan berlangsung pada 17 April nanti.

    Dengan mengangkat isu yang hangat (pemilu 2019), menurut saya Djarum76 ingin membuat orang-orang semakin melihat iklannya. Iklan dari Djarum 76 ini ditampilkan pada televisi pada jam malam. Kalau melihat dari iklan-iklan Djarum 76, dalam AIDA, yang tercapai adalah Attention dan Intrest, namun tidak banyak yang ingin membelinya karena kesan produk yang 'biasa' saja.

    Iklan Djarum 76 ini juga membuat sebuah penyebaran atau promosi gratis karena iklannya yang lucu dan menghibur membuat orang menyebarkannya diberbagai media sosial, misalnya saja YouTube.



    Jingle dari iklan ini juga termasuk jingle yang mudah diingat oleh masyarakat, cukup dengan mengatakan 'Djarum' sebanyak tiga kali dilanjutkan dengan menyebutkan '76' membuat jingle tersebut terkenal dan banyak penyebaran dari mulut ke mulut masyarakat Indonesia.
    Continue Reading


    Kali ini saya telah melakukan wawancara kepada tiga orang yang merupakan target audience dari usaha yang akan saya buat, dengan ciri-ciri tinggal di Jabodetabek, berusia 18-20 tahun, dan merupakan mahasiswa aktif yang mempunyai banyak kegiatan sehingga membutuhkan kesehatan yang baik, pernah mengkonsumsi yogurt drink.

    Ketiga narasumber yang telah saya wawancarai mempunyai kesamaan yaitu suka mengkonsumsi yogurt drink sehari-harinya walaupun dengan brand dan rasa kesukaan yang berbeda-beda.

    Menurut Michelle, dia mengkonsumsi yogurt untuk kesehatannya dan ia lebih menyukai yogurt yang menggunakan cup dan mengkonsumsinya di rumah. Ia juga mempunyai persediaan yogurt dirumahnya dan itu memang menjadi kebiasan dari keluarganya. Michelle juga lebih memilih merk yogurt yang mempunyai banyak varian rasa dan rasa yang ia mau biasanya yang sedikit asam seperti strawberry, namun untuk tekstur, Michelle tidak terlalu kental. Michelle tidak terlalu memikirkan tentang kemasan dari yogurt karena ia lebih mementingan rasanya.

    Menurut Ghina, ia lebih menyukai yogurt namun tidak setiap hari mengkonsumsinya, lalu Ghina juga menyukai yogurt yang mempunyai rasa asamnya dan itu adalah hal yang membuatnya menyukai yogurt. Untuk Ghina, dia menyukai rasa yogurt yang campuran buah dibandingkan dengan buah yang spesifik. Ghina juga menyukai kemasan botolan karena menurutnya lebih praktis dan lebih cepat untuk dibawa kemana-mana termasuk mudah diminum saat di kampus.

    Menurut Shafa, ia suka mengkonsumsi yogurt namun tidak setiap hari. Shafa mengkonsumsi yogurt yang mempunyai rasa lebih ke manis dibandingkan dengan asam, yang rasa susunya lebih terasa dibanding asamnya. Shafa juga berkata untuk kemasannya, ia lebih menyukai kemasan dengan disain yang menunjukkan isi atau rasa dari yogurt tersebut jadi tidak perlu lagi membaca apa rasa yang ada dalam kemasan tersebut. Shafa juga lebih menyukai yogurt yang berbentuk cair dan ready to go dibandingkan dengan yang menggunakan cup.













    Dari hasil wawancara saya dengan tiga narasumber, saya mendapatkan data utama sebagai berikut :
    1. Varian rasa sangat diperlukan untuk menarik pelanggan - wants
    2. Tekstur dari yogurt harus pas atau dibuat dengan dua macam tekstur (yang kental dan yang cair) - needs
    3. Kemasan yang praktis lebih banyak disukai - needs
    4. Disain kemasan harus lebih mencerminkan rasa dari isi yogurt - wants

    sedangkan untuk harga mereka tidak terlalu memikirkannya karena harga dari yogurt pasaran menurut mereka sudah pas apalagi dari brand Cimory yang kisaran Rp 10.000, pas untuk kantong mahasiswa.

    Mereka bertiga juga berkata setuju ketika saya bilang kalau untuk kemasan yogurt yang akan saya buat nanti berbentuk Tetra Rex Easy Opening agar berbeda dari yang lain.


    Sekian dari laporan marketing saya kali ini, terima kasih telah membaca !




    Continue Reading


    KitKat
    Siapa yang tidak tahu coklat keluaran Nestle ini?
    Kitkat pertama kali diproduksi oleh Rowntree's di New York yang sekarang seperti kita tahu KitKat diproduksi oleh Nestle di seluruh dunia.

    Kita mungkin mengenal KitKat dengan tagline "Have a break, have a KitKat" dan KitKat mempunyai arti "chocolate bar" namun berbeda dengan Jepang. Di Jepang, KitKat diucapkan sebagai Kitto Kitsu yang mempunyai arti "surely win". Alasannya adalah setiap orang pasti bertarung dengan ratusan bahkan ribuan orang lainnya dalam sebuah hal misalnya pekerjaan, sekolah, wawancara, dan sebagainya dan dalam video tersebut adalah para pelajar yang akan ujian.

    Di Jepang, ada sebuah tradisi dimana orang-orang memberikan sebuah pesan atau surat atau catatan kecil untuk memberikan semangat kepada mereka yang akan mengikuti ujian.
    Maka dari itu KitKat melakukan sebuah keluaran baru atau inovasi baru untuk mempromosikan produknya di Jepang dengan melakukan kerja sama dengan pemerintah untum membuat sebuah bidang kosong pada bungkus dari coklat tersebut untuk orang-orang menuliskan pesannya dan memberilan coklat itu kepada orang yang mereka ingin berikan semangat yang dimamakan sebagai 'KitKat Mail'. Lalu mereka menaruhnya dilokasi dimana orang-orang akan datang ke lokasi tersebut setiap minggunya, yaitu kantor pos. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh KitKat ternyata berhasil dan mendapatkan sebuah promosi secara gratis yang bernilai $ 11.000.000 ! dan produk ini masih bertahan di kantor pos diseluruh Jepang tanpa adanya pesaing.

    Awalnya Jepang menentukan target audience mereka adalah para anak sekolahan yang akan menjalankan ujian akhir namun sekarang, walaupun masa ujian telah berakhir banyak orang yang masih menggunakan dan mengirim dengan KitKat Mail kepada teman-temannya, merekalah yang sekarang menjadi target market dari KitKat.

    video : Nestle KitKat - Kittu Kitsu Case Study Japan

    Continue Reading

    Halo, kali ini saya akan membahas mengenai "My Big Fat Competitor" untuk mata kuliah Marketing & Consumer Behavior !

    Dari sekian banyak produk yang berada di pasar, saya memilih 'Cimory Yogurt Drink' dengan farian rasa mixed fruit (aneka buah). Namun sebelum masuk kedalam penjelasan produk, saya ingin memberikan anda sebuah informasi tentang brand Cimory ini.

    Cimory ini dibuat oleh PT. Cisarua Mountain Dairy yang terletak di Bogor, Indonesia. Cimory sendiri didirikan oleh Bambang Sutantio selaku Founder&CEO. Bambang Sutantio awalnya membuat produk Cimory ini karena dia bilang "saya mau membuat sebuah produk makanan dan minuman yang saya percaya bagus untuk dikonsumsi oleh keluarga saya sendiri." begitu katanya melalui website resmi Cimory.

    Selain yogurt, Cimory juga mempunyai produk lain seperti Fresh Milk & Soya Milk (tertera pada website resminya). Lalu Yogurt Drink ini juga mempunyai 10 varian rasa, yaitu :

    1. Plain
    2.  Strawberry
    3. Bluberry
    4. Red Grape
    5. Mixed Fruit
    6. Lychee
    7. Mixed Berry
    8. Mango
    9. Passion Fruit, dan
    10. Guava

    dari semua varian rasa, saya memilih yang Mixed Fruit dengan komposisi :
    Susu sapi segar, air, gula, susu skim bubuk, susu bubuk full krim, penstabil nabati, sari aneka buah (stoberi, leci, mangga, pisang) 0,1%, perisa sintetik (stoberi, leci, mangga, pisang), kultur Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus, pewarna alami karmin Cl No. 75470 dan anato Cl No. 75120.

    serta dengan nilai gizi sebagai berikut :
    Saat membeli Cimory Yogurt Drink ini di Indomaret yang terletak di Jl. Raya Bogor, RT.11/RW.5 dengan harga Rp 8.500, saya menemukan bahwa pihak Indomaret memberikan rak khusus karena banyaknya varian rasa yang dimiliki oleh yogurt tersebut. 

     

    Dengan kemasan botol yang berisi 250 ml sebagai isi bersih dan mempunyai corak yang menyerupai sapi pada plastik pembungkus botolnya membuat Cimory mempunyai kemasan khas dan berbeda dengan yang lain, lalu dengan ada gambar buah yang digunakan didalam komposisi minumannya (mangga, stoberi, pisang, dan leci). Selain itu petunjuk penyimpanan minuman dimana tertera bahwa minuman ini harus disimpan pada suhu dibawah 4 derajat celcius termasuk penginfoan secara menarik dan membuat orang dapat melihatnya dengan mudah dibanding hanya ditulis kecil seperti kemasan lainnya. 

    Cara mengkonsumsi minuman yogurt ini adalah membuka tutup botol dengan cara diputar berbalik dengan arah jarum jam.


    Cimory sendiri sudah mempunyai nama sendiri di Indonesia karena tempat perternakannya yang berada si Cisarua dimana orang-orang dapat melihat sapi-sapi yang diternak disana dan membeli langsung produk dari Cimory. Selain itu Cimory punya slogan tersendiri yaitu "Yogurt Ya Cimory !".

    Cimory melakukan promosinya dengan tagline khas tersebut diberbagai platform misalnya iklan di televisi dan situs YouTube sebagai berikut :


    Selain itu dari media sosial instagram Cimory sendiri (@cimoryindonesia) bisa terlihat bahwa mereka membuat 'feeds' atau post-an pada media sosial mereka dengan rapih, terperinci, dan mempunyai warna sendiri-sendiri setiap temanya. 



    Selain itu dilansir dari situs resmi Cimory, mereka juga membuka outlet atau toko dengan nama "Cimory Dairy Shop" yang saat ini tersebar di daerah Jabotabek yaitu di :
    1) Cawang ( Jl. DI Panjaitan No 33 - Bypass Cawang )
    2) Chocomory Padjajaran ( Jl. Raya Padjajaran, Ruko Padjajaran No. 20 C Bogor )
    3) Cirendeu ( Jl. Cirendeu Raya No 1, Tangsel )

    Sedangkan melalui situs Google Map, outlet dari Cimory berada di beberapa lokasi, yaitu di :
    1) Jl. Kemang Raya I, RT.5/RW.3, Bangka, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
    2) Rukan Taman Meruya, Kompleks, Blk. N12, Meruya Utara, Kembangan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620
    3) Jalan Raya Puncak KM.77, Cibeureum, Cisarua, Leuwimalang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
    4) Jalan KH Noer Alie Nomer 6E Jakasampurna, Jakasampurna, Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 17145
    5) Jl. Cirendeu Raya No.9B, Cireundeu, Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
    6) Jl. Jenderal Sudirman Kav. 50, Lt. 3A, RT.1/RW.4, Karet Semanggi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
    7) Jl. Margonda Raya Blok Kedondong No.02, RT.3/RW.15, Kemiri Muka, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423

    Untuk retail dimana Cimory menitipkan produknya untuk dijual eceran atau satuan, hampir seluruh retail yang ada di Jakarta (saya temui disekitar saya) menjual atau menyediakan produk dari Cimory Yogurt Drink ini misalnya Indomaret, Alfamart, Lawson, Alfamidi, Carrefour, Hero, Mini Super, Lotte, Transmart, serta Hypermart.

    sumber : website resmi Cimory 

    Kesimpulan
    Cimory mempunyai target market ibu rumah tangga dan target audiencenya adalah remaja kisaran umur 15-20 yang sudah mempunyai sosial media karena menggunakan medsos sebagai sarana promosi, dan suka jajan karena harganya yang terjangkau bagai anak-anak diumur segitu. Dari hasil pencarian juga, Cimory ini menargetkan masyarakat yang tinggal di/sekitar jabodetabek.
    Continue Reading
    Newer
    Stories
    Older
    Stories

    ABOUT ME

    Foto saya
    Michelle Janety
    Lihat profil lengkapku

    Category

    Color Theory Copy Writing DKV Review Design and Materials Drawing I Marketing Media

    Recent post

    • Desember (1)
    • Oktober (2)
    • September (1)
    • Mei (2)
    • Maret (5)
    • Februari (4)
    • Januari (4)
    • Desember (1)
    • November (13)

    Created with by BeautyTemplates | Distributed By Gooyaabi Templates

    Back to top