MARKETING : Kitto Kitsu Case Study Japan

Maret 10, 2019



KitKat
Siapa yang tidak tahu coklat keluaran Nestle ini?
Kitkat pertama kali diproduksi oleh Rowntree's di New York yang sekarang seperti kita tahu KitKat diproduksi oleh Nestle di seluruh dunia.

Kita mungkin mengenal KitKat dengan tagline "Have a break, have a KitKat" dan KitKat mempunyai arti "chocolate bar" namun berbeda dengan Jepang. Di Jepang, KitKat diucapkan sebagai Kitto Kitsu yang mempunyai arti "surely win". Alasannya adalah setiap orang pasti bertarung dengan ratusan bahkan ribuan orang lainnya dalam sebuah hal misalnya pekerjaan, sekolah, wawancara, dan sebagainya dan dalam video tersebut adalah para pelajar yang akan ujian.

Di Jepang, ada sebuah tradisi dimana orang-orang memberikan sebuah pesan atau surat atau catatan kecil untuk memberikan semangat kepada mereka yang akan mengikuti ujian.
Maka dari itu KitKat melakukan sebuah keluaran baru atau inovasi baru untuk mempromosikan produknya di Jepang dengan melakukan kerja sama dengan pemerintah untum membuat sebuah bidang kosong pada bungkus dari coklat tersebut untuk orang-orang menuliskan pesannya dan memberilan coklat itu kepada orang yang mereka ingin berikan semangat yang dimamakan sebagai 'KitKat Mail'. Lalu mereka menaruhnya dilokasi dimana orang-orang akan datang ke lokasi tersebut setiap minggunya, yaitu kantor pos. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh KitKat ternyata berhasil dan mendapatkan sebuah promosi secara gratis yang bernilai $ 11.000.000 ! dan produk ini masih bertahan di kantor pos diseluruh Jepang tanpa adanya pesaing.

Awalnya Jepang menentukan target audience mereka adalah para anak sekolahan yang akan menjalankan ujian akhir namun sekarang, walaupun masa ujian telah berakhir banyak orang yang masih menggunakan dan mengirim dengan KitKat Mail kepada teman-temannya, merekalah yang sekarang menjadi target market dari KitKat.


You Might Also Like

0 komentar