MARKETING : Needs or Wants Of Yogurt Drink Cimory

Maret 18, 2019



Kali ini saya telah melakukan wawancara kepada tiga orang yang merupakan target audience dari usaha yang akan saya buat, dengan ciri-ciri tinggal di Jabodetabek, berusia 18-20 tahun, dan merupakan mahasiswa aktif yang mempunyai banyak kegiatan sehingga membutuhkan kesehatan yang baik, pernah mengkonsumsi yogurt drink.

Ketiga narasumber yang telah saya wawancarai mempunyai kesamaan yaitu suka mengkonsumsi yogurt drink sehari-harinya walaupun dengan brand dan rasa kesukaan yang berbeda-beda.

Menurut Michelle, dia mengkonsumsi yogurt untuk kesehatannya dan ia lebih menyukai yogurt yang menggunakan cup dan mengkonsumsinya di rumah. Ia juga mempunyai persediaan yogurt dirumahnya dan itu memang menjadi kebiasan dari keluarganya. Michelle juga lebih memilih merk yogurt yang mempunyai banyak varian rasa dan rasa yang ia mau biasanya yang sedikit asam seperti strawberry, namun untuk tekstur, Michelle tidak terlalu kental. Michelle tidak terlalu memikirkan tentang kemasan dari yogurt karena ia lebih mementingan rasanya.

Menurut Ghina, ia lebih menyukai yogurt namun tidak setiap hari mengkonsumsinya, lalu Ghina juga menyukai yogurt yang mempunyai rasa asamnya dan itu adalah hal yang membuatnya menyukai yogurt. Untuk Ghina, dia menyukai rasa yogurt yang campuran buah dibandingkan dengan buah yang spesifik. Ghina juga menyukai kemasan botolan karena menurutnya lebih praktis dan lebih cepat untuk dibawa kemana-mana termasuk mudah diminum saat di kampus.

Menurut Shafa, ia suka mengkonsumsi yogurt namun tidak setiap hari. Shafa mengkonsumsi yogurt yang mempunyai rasa lebih ke manis dibandingkan dengan asam, yang rasa susunya lebih terasa dibanding asamnya. Shafa juga berkata untuk kemasannya, ia lebih menyukai kemasan dengan disain yang menunjukkan isi atau rasa dari yogurt tersebut jadi tidak perlu lagi membaca apa rasa yang ada dalam kemasan tersebut. Shafa juga lebih menyukai yogurt yang berbentuk cair dan ready to go dibandingkan dengan yang menggunakan cup.













Dari hasil wawancara saya dengan tiga narasumber, saya mendapatkan data utama sebagai berikut :
1. Varian rasa sangat diperlukan untuk menarik pelanggan - wants
2. Tekstur dari yogurt harus pas atau dibuat dengan dua macam tekstur (yang kental dan yang cair) - needs
3. Kemasan yang praktis lebih banyak disukai - needs
4. Disain kemasan harus lebih mencerminkan rasa dari isi yogurt - wants

sedangkan untuk harga mereka tidak terlalu memikirkannya karena harga dari yogurt pasaran menurut mereka sudah pas apalagi dari brand Cimory yang kisaran Rp 10.000, pas untuk kantong mahasiswa.

Mereka bertiga juga berkata setuju ketika saya bilang kalau untuk kemasan yogurt yang akan saya buat nanti berbentuk Tetra Rex Easy Opening agar berbeda dari yang lain.


Sekian dari laporan marketing saya kali ini, terima kasih telah membaca !




You Might Also Like

0 komentar