MEDIA : Unique of Djarum 76

Maret 28, 2019


Djarum 76 merupakan sebuah merek rokok ternama di Indonesia diproduksi oleh PT Djarum. Dinamai Djarum 76 karena merek rokok ini diperkenalkan pada tahun 1976. Produk ini dijual dalam kemasan yang direnggangkan, dua rokok lebar, dan sepuluh rokok panjang. Sementara, batang rokoknya sendiri digulung dengan kertas berwarna putih.

Djarum 76 ini mempunyai ikon khusus pada iklannya, yaitu 'Om Jin' dengan tagline "YANG PENTING HEPI" yang tidak bisa dilepaskan pada setiap iklannya, dan hanya Djarum 76 yang bisa menggunakan ikon itu dan terkenal akan ikon itu. Harga dari rokok Djarum 76 ini kisaran Rp 13.500. Dengan harga yang segitu menurut saya Djarum 76 mempunyai pasar dikalangan menengah kebawah.

Iklan om jin ini juga menjadi sangat iconic karena cerita yang beragam namun termasuk dalam cerita keseharian kita. Misalnya, iklan yang mengisahkan tentang "Caleg Cerdas" dimasa-masa Indonesia yang gencar akan pemilu yang akan berlangsung pada 17 April nanti.

Dengan mengangkat isu yang hangat (pemilu 2019), menurut saya Djarum76 ingin membuat orang-orang semakin melihat iklannya. Iklan dari Djarum 76 ini ditampilkan pada televisi pada jam malam. Kalau melihat dari iklan-iklan Djarum 76, dalam AIDA, yang tercapai adalah Attention dan Intrest, namun tidak banyak yang ingin membelinya karena kesan produk yang 'biasa' saja.

Iklan Djarum 76 ini juga membuat sebuah penyebaran atau promosi gratis karena iklannya yang lucu dan menghibur membuat orang menyebarkannya diberbagai media sosial, misalnya saja YouTube.



Jingle dari iklan ini juga termasuk jingle yang mudah diingat oleh masyarakat, cukup dengan mengatakan 'Djarum' sebanyak tiga kali dilanjutkan dengan menyebutkan '76' membuat jingle tersebut terkenal dan banyak penyebaran dari mulut ke mulut masyarakat Indonesia.

You Might Also Like

0 komentar