MARKETING : Pengaruh Lingkungan Pada Keputusan Membeli Barang Diatas 5 Juta

Mei 13, 2019



Kali ini saya akan membahas tentang pengaruh lingkungan terhadap pembelian sebuah barang yang saya punya dimana harga barang tersebut diatas dari Rp 5.000.000,00.

Barang diatas harga Rp 5.000.000 yang saya punya salah satunya adalah laptop dengan merk HP dan versi Pavilion 14 Notebook PC yang dibeli pada tahun 2016 dengan harga Rp 10.000.000,00. Kala saat itu saya membeli laptop karena tuntutan sebagai siswa sekolah menengah keatas yang dimana meggunakan proses belajar-mengajar kurikulum campuran 2006&2013. Pada kurikulum tersebut siswa diharuskan untuk melakukan banyak presentasi tentang mata pelajaran yang ada. Saya yang masih duduk dibangku kelas 11 waktu itu belum mempunyai laptop, dan kala itu saya harus mengerjakan tugas kelompok yang tentunya perihal presentasi didepan kelas. Jadilah (orang tua) saya membeli(kan) saya laptop HP Pavilion 14 Notebook PC tersebut yang masih saya gunakan. Kala itu saya belum mengerti tentang laptop dan perangkat elektronik lainnya selain ponsel genggam. Jadi, saya hanya dipilihkan yang menurut spec atau bagian internal laptop yang dibilang ‘bagus’ dan tidak lambat, terlebih kala itu saya sudah mulai menyukai atau tertarik mempelajari dan menggunakan program-program Adobe seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan Adobe After Effect. Dimana software tersebut membutuhkan bagian internal laptop yang cukup canggih untuk menahan berat aplikasinya, serta processor yang kuat agar aplikasi tidak lambat dan justru forced closed ketika digunakan.

Selain itu saya memilih HP dikarenakan rekomendasi dan melihat laptop teman saya yang ber-merk HP juga namun berbeda tipe. Laptopnya mempunyai fitur layar sentuh sedangkan saya tidak, hal itu dikarenakan orang tua saya takut laptopnya cepat rusak karena saya bukan orang yang telaten (kala itu) dalam merawat suatu barang. Harga Rp 10.000.000,00 saat itu juga sudah termasuk mahal untuk sebuah laptop ukuran anak sekolahan, namun saya tidak menyesal memilih laptop ini karena sampai sekarang masih bertahan dan dapat digunakan dengan baik.
Jadi faktor lingkungan yang mempengaruhi saya dalam membeli laptop ini adalah faktor kebutuhan dan faktor teman-teman dilingkungan sekolah.


You Might Also Like

0 komentar