MARKETING : My Big Fat Competitor

Maret 04, 2019


Halo, kali ini saya akan membahas mengenai "My Big Fat Competitor" untuk mata kuliah Marketing & Consumer Behavior !

Dari sekian banyak produk yang berada di pasar, saya memilih 'Cimory Yogurt Drink' dengan farian rasa mixed fruit (aneka buah). Namun sebelum masuk kedalam penjelasan produk, saya ingin memberikan anda sebuah informasi tentang brand Cimory ini.

Cimory ini dibuat oleh PT. Cisarua Mountain Dairy yang terletak di Bogor, Indonesia. Cimory sendiri didirikan oleh Bambang Sutantio selaku Founder&CEO. Bambang Sutantio awalnya membuat produk Cimory ini karena dia bilang "saya mau membuat sebuah produk makanan dan minuman yang saya percaya bagus untuk dikonsumsi oleh keluarga saya sendiri." begitu katanya melalui website resmi Cimory.

Selain yogurt, Cimory juga mempunyai produk lain seperti Fresh Milk & Soya Milk (tertera pada website resminya). Lalu Yogurt Drink ini juga mempunyai 10 varian rasa, yaitu :

1. Plain
2.  Strawberry
3. Bluberry
4. Red Grape
5. Mixed Fruit
6. Lychee
7. Mixed Berry
8. Mango
9. Passion Fruit, dan
10. Guava

dari semua varian rasa, saya memilih yang Mixed Fruit dengan komposisi :
Susu sapi segar, air, gula, susu skim bubuk, susu bubuk full krim, penstabil nabati, sari aneka buah (stoberi, leci, mangga, pisang) 0,1%, perisa sintetik (stoberi, leci, mangga, pisang), kultur Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus, pewarna alami karmin Cl No. 75470 dan anato Cl No. 75120.

serta dengan nilai gizi sebagai berikut :
Saat membeli Cimory Yogurt Drink ini di Indomaret yang terletak di Jl. Raya Bogor, RT.11/RW.5 dengan harga Rp 8.500, saya menemukan bahwa pihak Indomaret memberikan rak khusus karena banyaknya varian rasa yang dimiliki oleh yogurt tersebut. 

 

Dengan kemasan botol yang berisi 250 ml sebagai isi bersih dan mempunyai corak yang menyerupai sapi pada plastik pembungkus botolnya membuat Cimory mempunyai kemasan khas dan berbeda dengan yang lain, lalu dengan ada gambar buah yang digunakan didalam komposisi minumannya (mangga, stoberi, pisang, dan leci). Selain itu petunjuk penyimpanan minuman dimana tertera bahwa minuman ini harus disimpan pada suhu dibawah 4 derajat celcius termasuk penginfoan secara menarik dan membuat orang dapat melihatnya dengan mudah dibanding hanya ditulis kecil seperti kemasan lainnya. 

Cara mengkonsumsi minuman yogurt ini adalah membuka tutup botol dengan cara diputar berbalik dengan arah jarum jam.


Cimory sendiri sudah mempunyai nama sendiri di Indonesia karena tempat perternakannya yang berada si Cisarua dimana orang-orang dapat melihat sapi-sapi yang diternak disana dan membeli langsung produk dari Cimory. Selain itu Cimory punya slogan tersendiri yaitu "Yogurt Ya Cimory !".

Cimory melakukan promosinya dengan tagline khas tersebut diberbagai platform misalnya iklan di televisi dan situs YouTube sebagai berikut :


Selain itu dari media sosial instagram Cimory sendiri (@cimoryindonesia) bisa terlihat bahwa mereka membuat 'feeds' atau post-an pada media sosial mereka dengan rapih, terperinci, dan mempunyai warna sendiri-sendiri setiap temanya. 



Selain itu dilansir dari situs resmi Cimory, mereka juga membuka outlet atau toko dengan nama "Cimory Dairy Shop" yang saat ini tersebar di daerah Jabotabek yaitu di :
1) Cawang ( Jl. DI Panjaitan No 33 - Bypass Cawang )
2) Chocomory Padjajaran ( Jl. Raya Padjajaran, Ruko Padjajaran No. 20 C Bogor )
3) Cirendeu ( Jl. Cirendeu Raya No 1, Tangsel )

Sedangkan melalui situs Google Map, outlet dari Cimory berada di beberapa lokasi, yaitu di :
1) Jl. Kemang Raya I, RT.5/RW.3, Bangka, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
2) Rukan Taman Meruya, Kompleks, Blk. N12, Meruya Utara, Kembangan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620
3) Jalan Raya Puncak KM.77, Cibeureum, Cisarua, Leuwimalang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
4) Jalan KH Noer Alie Nomer 6E Jakasampurna, Jakasampurna, Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 17145
5) Jl. Cirendeu Raya No.9B, Cireundeu, Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
6) Jl. Jenderal Sudirman Kav. 50, Lt. 3A, RT.1/RW.4, Karet Semanggi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
7) Jl. Margonda Raya Blok Kedondong No.02, RT.3/RW.15, Kemiri Muka, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423

Untuk retail dimana Cimory menitipkan produknya untuk dijual eceran atau satuan, hampir seluruh retail yang ada di Jakarta (saya temui disekitar saya) menjual atau menyediakan produk dari Cimory Yogurt Drink ini misalnya Indomaret, Alfamart, Lawson, Alfamidi, Carrefour, Hero, Mini Super, Lotte, Transmart, serta Hypermart.


Kesimpulan
Cimory mempunyai target market ibu rumah tangga dan target audiencenya adalah remaja kisaran umur 15-20 yang sudah mempunyai sosial media karena menggunakan medsos sebagai sarana promosi, dan suka jajan karena harganya yang terjangkau bagai anak-anak diumur segitu. Dari hasil pencarian juga, Cimory ini menargetkan masyarakat yang tinggal di/sekitar jabodetabek.

You Might Also Like

0 komentar