MEDIA : The Most Influentil Message Ever

Februari 24, 2019


Banyak banget pesan bagus yang saya lihat dimedia, namun dari semua, menurut saya yang paling ‘ngena’ ke saya itu “LOVE YOURSELF - SPEAK YOURSELF”. Kata-kata itu datang dari grup asal Korea Selatan dengan nama BTS. Konsep trilogy album “LOVE YOURSELF” dari BTS itu mempunyai banyak lagu atau tracklist yang menurut saya mempunyai arti yang mendalam. Yang paling mendalam adanya “Epiphany”. Secara umum, epiphany adalah experience of a sudden and striking realization (perasaan menyadari sesuatu secara tiba-tiba). Didalam lagu itu terdapat pesan

I'm the one I should love in this world ( dirikulah yang harus kucinta di dunia ini )
빛나는 나를 소중한 내 영혼을 ( bersinarlah diriku, jiwaku yang berharga )
이제야 깨달아 oh, so I love me ( akhirnya ku sadar bahwa aku sangat mencitai diriku )
좀 부족해도 너무 아름다운 걸 ( tidak sempurna namun sangat mengesankan )
I’m the one I should love ( dirikulah yang harus kucintai )

Karena bagi saya sendiri, selama ini saya lebih banyak dan bisa mencitai orang lain namun tidak mencintai diri sendiri, masih ada sering momen ketika saya menyalahkan dan merasa tidak berguna dan segala hal yang membuat saya membenci diri saya sendiri (dan saya yakin bahwa setiap orang pernah merasakannya). Pesan MENCINTAI DIRI sendiri inilah yang membuat banyak orang mencintai BTS sekarang, mereka membantu banyak orang untuk percaya diri dan berani untuk mencintai dirinya sendiri.

BTS juga melakukukan pidato di sidang PBB 2018 (klik disini untuk link video) dimana pemimpin dari grup tersebut berkata

“I’d like to ask all of you, what is your name? What excites you and makes your heart beat? Tell me your story. I want to hear your voice, I want to hear you conviction. No matter who you are, where you’re from, your skin color, your gender identity, just speak yourself. Find your name and find your voice by speaking your self

“Like most people, I’ve made many and plenty mistakes in my life. I have many faults, and I have many more fears, but I’m going to embrace myself as hard as I can, and I’m starting to love myself gradually, just little by little. What is your name? Speak yourself.


Dari kalimat diatas, saya yakin bahwa banyak oranng yang terhentak termasuk saya. Mendengar idola saya mengatakan hal itu membuat saya ingin menangis karena apa yang dia katakan adalah apa yang saya rasakan. Saya tidak berani menjadi diri saya sendiri, saya takut melakukan hal baru, saya takut untuk mengatakan pada dunia bahwa saya adalah seorang mahasiswa desain karena saya tau bahwa skill saya tidak sebaik dan sebagus mahasiswa disain lainnya.

Maka dari itu pesan yang disampaikan oleh BTS menjadi pesan yang paling menganggumkan untuk saya karena saya bisa merasakannya dan mengalaminya itu sendiri. Sekian dari saya untuk kali ini terima kasih telah membaca !

You Might Also Like

0 komentar